Rabu, 16 November 2011

PENGERTIAN PENGORGANISASIAN

PENGERTIAN PENGORGANISASIAN

Istilah Organizing berasal dari perkataan “organism” yangmempunyai arti menciptakan suatu struktur dengan bagian-bagianyang terintegrasi sehingga mempunyai hubungan yang salingmempengaruhi satu dengan lainnya Adapun beberapa definisi dari pengorganisasian yangdiungkapkan oleh para ahli manajemen, yang antara lain adalah:

a) Pengorganisasian adalah aktivitas menyusun dan membentukhubungan-hubungan kerja antara orang-orang sehingga terwujudsuatu kesatuan usaha dalam mencapai tujuan-tujuan yang telahditetapkan.

b) Menurut George R. Terry, pengorganisasian sebagai kegiatanmengalokasikan seluruh pekerjaan yang harus dilaksanakan antarakelompok kerja dan menetapkan wewenang tertentu serta tanggungjawab masing-masing yang bertanggung jawab untuk setiapkomponen dan menyediakan lingkungan kerja yang sesuai dantepat.

c) Menurut Siagian berpendapat bahwa pengorganisasian merupakankeseluruhan proses pengelompokkan orang-orang, alat-alat, tugastugas,tanggung jawab dan wewenang sedemikian rupa sehinggatercipta suatu organisasi yang dapat digerakkan sebagai suatukesatuan dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan. Dari pengertian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwapengorganisasian adalah suatu kegiatan untuk mengelompokkan orang-orang dengan tugas dan fungsinya masing-masing yangkesemuanya saling berhubungan dan saling mempengaruhi.

Faktor-faktor yang mempengaruhi pengorganisasian :

Pengorganisasian sendiri merupakan suatu proses yang harusdilakukan terus menerus secara berkesinambungan, untuk itu perludiperhatikan beberapa faktor di bawah ini:
a) Struktur organisasi harus merefleksikan tujuan-tujuan danrancangan sebab aktivitas-aktivitas organisasi justru bersumberdari kedua aspek tersebut
b) Struktur juga hendaknya memberikan gambaran garis kekuasaanpara manajer organisasi. Hal ini bergantung pada tipe dan jenisorganisasi
c) Struktur organsasi harus merefleksikan lingkungannya baik yangmenyangkut ekonomi, teknologi, politik, sosial maupun etiksehingga tidak akan bertentangan dengan kesemua faktor tersebut.Selain itu, struktur organisasi juga harus dapat membantukelompok/individu mencapai tujuan secara efisien di dalam situasimendatang yang berubah-ubah.d) Organisasi harus diisi dengan tenaga manusia. Tanpa adanyamanusia yang dapat melaksanakan segala fungsi keorganisasianmustahil organisasi tersebut dapat berjalan. Karena kunci pokok dari organisasi adalah sumber daya manusia yang handal danmemiliki kemampuan sesuai dengan bidangnya

Sumber:
 http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2185237-pengertian-pengorganisasian/#ixzz1dedc3sCc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar